Ibu harus bisa.. (1)

“Bunda..alya gak mau beli makan di luar, alya maunya makanan yang dimasak bunda aja, kalau gak..alya ga mau makan..”

Memasak

Satu kata yang sepertinya sudah biasa terdengar, tapi mungkin tidak semua ibu dapat melakukannya. Bisa jadi karena tidak dibiasakan oleh ibu mereka sejak kecil, mungkin nenek para cucu jarang masak juga dirumah atau ibu tidak mau belajar, ibu lebih selera makan di luar, ibu tidak suka repot atau tidak ada waktu.

Sebetulnya, tidak ada alasan untuk seorang ibu tidak mampu memasak, takut tidak enak, takut tidak ada yang suka, takut salah bumbu dan lain sebagainya. Padahal jika ibu mau mencoba, mau belajar, mau berusaha, tidak ada  yang tidak bisa. Apalagi zaman sekarang, sudah banyak yang berbagi ilmu bagaimana cara memasak, resepnya seperti apa, bumbunya beli dimana, tips dan triknya bagaimana, dll , semuamya sudah dapat ditemukan dengan berbagai macam versi, tulisan ataupun video seperti di youtube atau televisi, bahkan ada yang mengadakan training memasak untuk para pemula.

Mengapa ibu harus bisa masak?

Karena masakan ibu nantinya yang akan membuat anggota keluarga kangen pulang ke rumah.

Suami yang di kantor, pulang ke rumah dengan sumringah ketika disodorkan makanan kesukaannya. Anak-anak yang nantinya mungkin akan merantau, ketika pulang juga pasti yang dicari adalah ibu dengan masakannya (ini yang dari dulu dan masih dapat saya rasakan). 

Masakan salah satu yang membawa mereka pulang ke pangkuan ibu, karena kangen ibu, kangen rumah. Masakan ibu tidak dapat dibeli dimanapun, tidak dapat ditemukan dimanapun. 

Bagi anak yang jauh dari ibu, jika kangen ibu dan rumah, kebanyakan dari mereka akan menelepon ibu menanyakan kabarnya dan pastinya menanyakan resep masakan dan mengeksekusinya.

“Memasak adalah cara kita menghadirkan rumah di perantauan.”

Jadi, berusahalah untuk memasak meskipun awalnya akan kurang disana-sini tapi pasti seiring berjalannya waktu, masakan ibu akan menjadi favorit keluarga ibu.

Selamat belajar memasak!

(Source gambar : http://www.pusatgratis.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s