Review buku (1)

  • Judul : Ya Allah berkahilah anak kami
  • Penulis : Ummu Azzam
  • Penerbit : QultumMedia
  • Cetakan : 1, feb 2012
  • Tebal : 286 halaman, 15×23 cm
  • ISBN : 979-017-205-2

    Buku ini menuliskan tentang berbagai macam informasi yang berkaitan dengan kehamilan, menyusui dan mengasuh anak. Didalamnya terdapat banyak doa-doa yang dianjurkan untuk dibaca oleh ibu agar dapat menjalani kehamilan dan proses menyusui dengan lancar. Bukan hanya doa-doa, disini juga dijelaskan berbagai macam tips dan amalan-amalan yang bisa dijalankan. 

    Sebetulnya buku ini bukan hanya bermanfaat untuk ibu hamil dan menyusui saja, wanita yang blm dikaruniai anak dan para ayah pun bisa membacanya, karena isinya cukup kompleks. 

    Misalnya saja, disini terdapat perhatian juga pada pasangan agar terhindar dari kemandulan

    Doa yang dapat diamalkan

    Rabbi laa tadzarnii fardaw wa anta khairul waaritsiin

    Ya Tuhanku, janganlah Engkau membiarkan aku hidup sendiri. Sungguh, Engkaulah pemberi waris Yang paling baik.

    Selain itu, ada juga pembahasan mengenai mitos dan fakta seputar kehamilan, apa yang menjadi larangan di masyarakat, tapi tidak benar dan tidak ada pembahasannya secara ilmiah. Misalnya jangan mandi malam, padahal tidak mengapa ibu hamil atau menyusui mandi malam, apalagi di zaman sekarang banyak wanita bekerja di luar rumah dan harus pulang malam, badan sudah kotor dan tidak nyaman, tentunya mengguyur tubuh dengan air adalah hal yang terbaik. Sebelum mandi dapat beristirahat terlebih dahulu, gunakan air hangat bila perlu, keringkan badan dan jangan berhadapan langsung pd kipas angin atau ruangan yg dingin.

    Dan ada pula anjuran yang merebak di masyarakat umum, tapi tidak sepenuhnya benar, misalnya mengkonsumsi satu sendok makan minyak kelapa tiap hari akan memperlancar proses persalinan. Hal ini juga tidak benar, mengkonsumsi minyak kelapa (virgin coconut oil) boleh saja, ditujukan bukan untuk memperlancar persalinan, tapi baik untuk tubuh karena kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil.

    Di buku ini juga ada doa mengatasi anak rewel, agar anak menjadi shaleh, ada juga penjelasan stimulasi untuk bayi seperti pijat, caranya dan kegunaannya. Terakhir ada panduan mengenai pengasuhan anak, bagaimana mengasuh anak untuk ibu yang bekerja/studi, single parent, anak kebutuhan khusus dll.

    Dari segi isi dan pembahasan, buku ini dinilai sangat informatif dan lengkap, tulisan juga tidak bosan untuk dibaca karena cara penyampaiannya juga sangat ringan dan isinya sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pembaca khususnya ibu. Desain buku juga cukup menarik, buku tidak berat karena dikemas dengan kertas yang ringan, mudah dibawa kemanapun. Akhirnya buku ini adalah salah satu buku yang sangat berguna untuk memandu saya dalam menghadapi keadaan saat hamil, menyusui dan mengasuh anak. Recommended!

    Advertisements

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s