Resep Krengsengan Daging Ala bundalya

Punya suami berbeda suku dengan saya, membuat saya belajar terus menu kesukaannya. Sebelum menikah, saya mengenal kecap tidak lebih dari membuat semur dan nasi goreng, satu sachet kecap yang sedang, biasanya habis dalam waktu 3 bulan, sekarang malah tiap bulan mesti beli sekitar 2 sachet sedang kecap untuk di konsumsi keluarga.. Hehe

Salah satu menu kesukaan ayah anak-anak ini adalah krengsengan, awalnya saya tidak tahu menu apa ini, setelah saya searching, ternyata krengsengan dibuat menggunakan petis, nah lho apa lagi ini..saya tidak pernah bersentuhan dengan bahan makanan ini, di pulau seberang saya tidak pernah menggunakannya.

Beruntung keluarga suami membawakan petis sebagai oleh-oleh dari Surabaya, akhirnya krengsengan ala-ala saya bisa di eksekusi..senangnya..

Jika ingin mencoba, silahkan ikuti resep dibawah ini yaa

Bahan :

  • Daging 1/4 kg iris tipis
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdm petis
  • 5 sdm Kecap manis
  • Gula
  • Garam
  • Merica
  • Air
  • Tahu potong kotak lalu goreng
  • Minyak goreng
  • 1 bh Tomat iris
  • Daun bawang iris kasar
  • Cabai iris serong
  • Wortel potong memanjang

Cara membuat :

  • Siapkan daging yang sudah dibersihkan
  • Haluskan bawang merah dan putih
  • Masukkan kewadah daging, bumbu yang susah dihaluskan, petis, kecap, merica lalu di aduk sampai rata
  • Diamkan +-10 menit
  • Siapkan minyak, tumis bahan yang sudah di campur rata tadi, lalu masukkan wortel, setelah daging dan wortel agak empuk, masukkan air, tomat, cabai, daun bawang dan tahu
  • Golak sebentar sampai daging matang, masukkan gula garam, aduk dan matikan api.
  • Krengsengan siap disajikan
Leave a Reply

