Ibu sedang hamil? Hindari 12 bahan ini ya

Tampil cantik saat hamil? Boleh dong 🙂

Sudah menjadi kodrat seorang wanita untuk berupaya tetap menjaga kecantikan kapanpun dan dimanapun, termasuk saat hamil. Namun, banyak kosmetik yang mengandung bahan-bahan berbahaya bagi janin lho..

Untuk itu ibu hamil harus berhati-hati menggunakan kosmetik ya, sebaiknya sebelum membeli kosmetik, harap baca setiap komposisi yang terkandung dalam kosmetik agar ibu mengetahui kosmetik tersebut aman atau tidak untuk janin 🙂

Yuk kenali beberapa jenis kosmetik yang tidak aman digunakan saat ibu sedang hamil.

Seperti yang dilansir oleh situs bidan.com, ada beberapa jenis zat kimia dalam kosmetik yang tidak boleh digunakan oleh ibu hamil

1. Avobenzone dan oksibenzone, zat ini terkandung dalam tabir surya yang mudah diserap oleh kulit tapi dapat mengganggu perkembangan janin.

2. Asam salisilat, zat ini biasanya ada pada lotion atau pembersih kulit yang dapat menimbulkan cacat pada janin.

3. Bahan pengawet parabens yang biasa terkandung dalam produk perawatan kulit, senyawa ini dapat mengganggu sistem reproduksi pada janin laki-laki.

4. Hydroquinon pada produk pemutih, zat ini juga dapat mempengaruhi enzim dalam tubuh dan menahan bahan alami yang diperlukan oleh janin.

5. Phathalates yang terdapat pada cat kuku, bahan ini dapat menimbulkan masalah pada sistem reproduksi.

6. Basecoat, topcoat dan aseton pada cat kuku pun dapat membahayakan pada janin jika terhirup, dapat menyebabkan cacat bahkan kematian pada janin.

7. Retinol A, biasanya terkandung pada obat jerawat yang berfungsi mengelupas kulit yang mati. Penggunaan dengan dosis tinggi dapat menghambat perkembangan janin.

8. Benzoli peroksida pada obat jerawat ini pun dapat menimbulkan efek buruk pada janin. Bahan ini termasuk kategori C yang berarti bahwa studi yang dilakukan berdampak buruk pada hewan saat tes dilakukan.

9. Accutane, obat jerawat ini biasanya digunakan secara oral. Bahan ini dapat mengakibatkan cacat pada janin bahkan kematian.

10. Hidrokortison, zat pada obat jerawat yang dapat mengakibatkan keracunan pada janin atau bayi lahir cacat.

11. Salicylic Acid, zat yang masih terdapat pada obat jerawat. Zat ini berbahaya digunakan oleh ibu hamil karena dapat mengakibatkan komplikasi.

12. Bahan yang digunakan dalam proses pengeritingan, rebonding, pengecatan rambut dan cream hair removers juga berbahaya bagi ibu hamil karena dapat masuk kedalam pori-pori kepala, lalu mengalir ke aliran darah dan hal ini membahayakan janin.

Sekian bahan-bahan kosmetik yang berbahaya bagi janin ibu. Semoga ibu lebih jeli ketika membeli kosmetik yang dibutuhkan, ibu tambah cantik dan bayi tetap sehat 🙂

Cantik terus ya bu!


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s