Pengalaman bergabung dengan komunitas ODOP

Jika aku flashback lagi, apa yang menjadi targetku tahun ini, sepertinya lebih dari yang aku rencanakan.

Targetku untuk tahun ini hanya dua,

1. Membuat tulisan secara konsisten

2. Mebuat bisnis baru yang bergerak di bidang makanan beku (frozen food)

Untuk menulis, jauh dari bayangan akan dapat ikut berkontribusi membuat sebuah buku, jangankan buku, membuat blog saja, aku ga bisa. (Pengalaman membuat buku, nanti akan diceritakan lebih lanjut pada judul yang lain)

Sampai pada akhirnya, seorang teman memamerkan sertifikat menulisnya dalam komunitas ODOP (One Day One Posting), aku penasaran dan mencari komunitas ini di media sosial, facebook #odopfor99days.

Singkatnya, aku mendaftar di komunitas ini dan mencari tahu cara membuat blog dengan bertanya pada teman-teman di sana dan blog walking. Akhirnya aku membuat blog pribadi dengan menggunakan aplikasi yang diunduh di playstore, aku memilih wordpress, karena tampilannya yang menarik dan user friendly dan konon katanya, mudah untuk di reformasi menjadi .com ketika nanti sudah siap ingin berubah, tapi aku juga belum pernah coba. Resmilah aku menjadi penulis blog di awal tahun 2017 ini.

Alhamdulillah dapat bergabung dengan komunitas ini, setidaknya kesenangan menulis yang selama ini tersendat, dapat tersalurkan. Bergabung dengan para blogger wanita di seluruh Indonesia, membuat aku belajar banyak dari mereka.

Kadang agak minder juga sih, mereka sudah pada expert membuat tulisan, ga kayak aku yang isinya hanya pengalaman, sementara blog mereka lebih banyak ilmunya yang dapat dinikmati banyak orang. Tapi tak apalah, yang penting dicoba dulu, tuliskan yang bisa dituliskan, namanya juga belajar ya..

Kadang ada perasaan mumet juga, ilmu kepenulisan itu ternyata banyak banget, aku merasa digiring ke masa lalu, saat duduk di bangku sekolah untuk belajar studi Bahasa Indonesia lagi. Padahal, dulu, belajar studi ini amat sangat membosankan buatku, haha. Belajar paragraf, kalimat inti, menentukan judul, kalimat baku tak baku, rima dll..huhu.. belajar ini aku undur sajalah dulu πŸ™‚ Biarlah tulisanku mengalir sesuai dengan yang aku pikirkan, tak perlu sesuai kaidah, nanti perlahan akan berubah sesuai jam terbang :p

Meskipun begitu, ada banyak suka bergabung di sini. Bertemu dengan orang-orang pecinta buku, buku yang dibaca juga bukan sepertiku, tidak jauh dari buku anak-anak. Mereka baca buku yang ‘berat’ buatku, tapi setidaknya, memicuku untuk tertarik membaca lebih dari sekedar buku anak.

Bertemu, belajar, berkonsultasi dan berkenalan dengan penulis! Ini yang paling aku suka. Aku dapat belajar banyak dari mereka, mereka tidak pelit ilmu, apa yang dapat di share dan baik bagi perkembangan orang, maka akan dibagi dengan senang hati. Terimakasih banyak yaa πŸ™‚

Kami berasal dari berbagai macam kota di Indonesia, dan ada yang berdomisili di beberapa negara lain, belum pernah bertemu, belum pernah kenalan secara langsung, belum pernah ngobrol serius, tapi aku merasa sudah berteman lama dengan mereka. Mereka humble dan low profile, sangat beruntung bertemu dengan kalian teman πŸ™‚

Aku menyadari, banyak perbedaan dalam pemikiran antara satu dengan yang lain, wajarlah, beda orang, beda isi kepala kan, tapi tak masalah buatku. Yang penting kita cari persamaan dan tidak perlu dipermasalahkan hal yang berbeda dan jauhkan segala hal yang membuat konflik dalam grup whatsapp kami. Biasanya kami berbincang tentang apa yang dapat meningkatkan kualitas diri dalam menulis, membuka diri pada ilmu yang diberikan teman-teman penulis dan sebagai penyemangat menjadi penulis yang menguntungkan diri dan orang lain.

Senangnya bergabung disini, dikelilingi orang-orang hebat, sehingga harapannya diri ini semakin berkualitas dan bermanfaat bagi kebaikan banyak orang. πŸ™‚

Yang tertarik menulis, ayo ikutan komunitas ODOP, rasakan bedanya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s